Saturday, June 15, 2024
BerandaKesehatanSemarak 1.000 Kantong Darah Sambut Hari Palang Merah Sedunia dan HUT Ke...

Semarak 1.000 Kantong Darah Sambut Hari Palang Merah Sedunia dan HUT Ke 497 Kota Jakarta, Sekretaris Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin: Dengan Donor Darah Mudah- mudahan Ketersedian Darah Dapat Terpenuhi

progresifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat melalui Suku Badan Kepegawaian Daerah berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat dalam rangka Hari Palang Merah Sedunia dan menyambut HUT Ke 497 Kota Jakarta menggelar semarak 1.000 kantong darah bagi pendonor dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), PJLP, dan masyarakat umum di Ruang Serba Guna Utama Kantor Walikota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I No. 1 Gambir, Selasa (28/5).

Sekretaris Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menyampaikan, donor darah ini dilaksanakan  dalam rangka menyambut Hari Palang Merah Sedunia dan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-497 Kota Jakarta dengan menargetkan 1.000 kantong darah yang berlangsung dari tanggal 28-29 Mei 2004, pukul 08.00-12.00 WIB.

Dengan target 500 kantong darah dalam sehari atau 1.000 kantong darah selama dua hari. Tampak pada kegiatan sosial ini antusias pendonor cukup lumayan tinggi.

“Para pendonor darah yang hadir dari pagi sudah banyak antrean mulai dari ASN, PJLP, PPSU, dan masyarakat Jakarta Pusat,” ujar Sekko Jakarta Pusat.

Iqbal berharap, kegiatan donor darah yang rutin diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat ini dapat menjadi sarana bagi warga masyarakat dan pegawai untuk mendonorkan darahnya serta ikut dalam program PMI Jakarta Pusat  untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan adanya donor darah kali ini ketersediaan darah di Jakarta khususnya di Jakarta Pusat bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Efendi mengatakan semarak 1000 kantong darah ini sangat bagus dalam rangka pemenuhan stok darah yang dibutuhkan di DKI Jakarta.

Karena menurutnya, kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.000 sampai 1.200 kantong darah.

Ia menyebutkan, PMI tidak memasang target untuk jenis golongan darah.

“Golongan darah A atau B dan yang lainnya semua sangat dibutuhkan serta hasilnya akan dilakukan pengecekan di laboratorium hingga nantinya bisa di distribusikan,” kata H. Rustam Efendi.

“Waktu yang diperlukan saat pengambilan darah hingga digunakan yaitu 10-24 jam. Semua akan diproses. Jika ada darah yang berhubungan dengan penyakit akan dimusnahkan dan pendonornya akan diberitahu supaya bisa di konsultasikan kesehatannya,” imbuhnya.

Semarak 1.000 kantong darah PMI Jakarta Pusat dalam rangka Hari Palang Merah Sedunia dan menyambut HUT Ke 497 Kota Jakarta bekerja sama dengan PT. Kredit Utama Fintech Indonesia memberikan bantuan 1.000 paket sembako dari Bank DKI dan Baznas (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru