Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaSeribu Mahasiswa Calon Penerima Bantuan Beasiswa Baznas (Bazis) Jaksel Mulai Lakukan Interview

Seribu Mahasiswa Calon Penerima Bantuan Beasiswa Baznas (Bazis) Jaksel Mulai Lakukan Interview

progresifjaya.id, JAKARTA – Tidak kurang dari 1000 mahasiswa jenjang S-1 calon penerima bantuan Beasiswa Baznas (Bazis) Kota Administrai Jakarta Selatan ikuti Interview.

“Interview dibagi 4 tahap, tiap tahap diikuti 250 mahasiswa jenjang S-1 dimulai dari Senin sampai Kamis (10-13 Oktober 2022),” tutur Koordinator Baznas Bazis Jakarta Selatan Yasdar, di sela-sela kesibukannya memimpin langsung pelaksanaan Interview yang berlangsung, di Selasar Blok C Komplek Kantor Walikota Jakarta Selatan, Senin (10/10/2022).

Yasdar menuturkan, program  bantuan beasiswa bagi mahasiswa aktif jenjang S-1 dari Banas sebesar Rp.3 juta per semester sampai semester tujuh di kampusnya.

Di sisi lain dijelaskan, kriteria penerima beasiswa yakni mahasiswa baru yang sedang aktif berkuliah sampai semester tujuh di kampusnya.

“Ditambahkan pula bahwa kegiatan yang sudah berjalan dua tahun ini cara pendaftarannya terbilang sederhana. Yakni dengan menyerahkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dan ijazah yang terdaftar di kampus melalui aplikasi daring,” jelas, Yasdar.

Lebih lanjut Yasdar menuiturkan, selain jenjang S-1 yang diberikan beasiswa sampai lulus, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa S-2 dan S-3 untuk karya ilmiahnya.

Yasdar menambahkan, tidak hanya itu, saat ini Baznas Bazis Jakarta Selatan juga menggencarkan beasiswa untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah Jakarta dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTIK).

“Beasiswa juga diberikan bagi guru PAUD, jadi ada 25 guru ngaji yang mendedikasikan dirinya ikhlas mengajar dan mendidik tanpa mengharapkan gaji,” tuturnya.

Yasdar menyebutkan di PTIK ada 75 guru PAUD yang dikuliahkan sampai lulus jenjang S-1.

“Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022 sebagai bagian dari komitmen pemanfaatan dan pendayagunaan dana zakat bagi dunia pendidikan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Pusat, Noor Achmad dalam kesempatan webinar beberapa pekan lalu menuturkan, saat ini sudah ada Beasiswa Riset Baznas secara konsisten diadakan setiap tahun, di samping program beasiswa lain, yang digulirkan Baznas.

Noor Achmad juga menuturkan, bahwa program beasiswa riset merupakan program pembiayaan dana riset tugas akhir mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, maupun pascasarjana.

Calon penerima beasiswa kategori ini adalah WNI di seluruh kampus dan jurusan dengan akreditasi minimal B oleh BAN-PT. Pendaftaran Beasiswa Riset Baznas mulai 5 hingga 26 September 2022,bulan lalu.

“Beasiswa Riset Baznas bertujuan memberikan bantuan dana riset tentang zakat yang prospektif, mengembangkan riset tentang zakat bagi kemaslahatan umat. Juga  mengembangkan inovasi-inovasi penghimpunan, pendistribusian, serta pendayagunaan zakat,” imbuhnya.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

 

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru