Wednesday, May 29, 2024
BerandaHukum & KriminalSigap, Tim 3P Polda Metro Jaya Bantu Korban Laka Lantas dan Bubarkan...

Sigap, Tim 3P Polda Metro Jaya Bantu Korban Laka Lantas dan Bubarkan Tawuran di Halim

progresifjaya.id, JAKARTA – Dua tindakan sigap ditunjukkan tim Patroli Perintis Presisi (3P) Direktorat Samapta Polda Metro Jaya yang dipimpin Ipda Moch Januar Fauzy dan Ipda Gandi Rezeki Sinaga saat melakukan patroli kota dan patroli monitoring pada Sabtu, (27/4) dini hari lalu.

Aksi sigap pertama ditampilkan Tim 3P saat patroli show off force di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Saat waktu menginjak pukul 03.45 WIB, tim patroli menemukan korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tergeletak tak berdaya di jalan.

Gerak cepat langsung dilakukan dengan memberikan pertolongan pertama terhadap korban. Setelah itu, Tim 3P menyerahkan korban ke Unit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Pusat untuk penanganan lebih lanjut.

Dari kawasan Jakarta Pusat, patroli Tim 3P kemudian bergerak masuk ke wilayah Jakarta Timur. Saat tengah menyisir wilayah Halim sekitar pukul 04.40 WIB, tak dinyana Tim 3P memergoki aksi tawuran sedang berlangsung. Tindakan sigap kali kedua pun ditunjukkan lagi. Aksi tawuran langsung dibubarkan paksa dan para pelakunya dikejar.

Sebanyak 14 pelaku tawuran akhirnya bisa diamankan dalam tindakan ini. Termasuk juga barang bukti 9 bilah senjata tajam jenis celurit dan corbek, 5 unit sepeda motor, 7 unit ponsel dan 3 buah dompet.

Dalam pernyataan resminya, Ipda Moch Januar Fauzy mengatakan,  Tim 3P Polda Metro Jaya mengetahui aksi tawuran saat tengah berpatroli kota dan patroli monitoring menyisir masuk ke wilayah Halim.

“Begitu melihat terjadi tawuran, kami langsung cepat bergerak masuk membubarkan tawuran dan mengejar para pelaku,” ujarnya.

Ipda Gandi Rezeki Sinaga sebagai tandem patroli Ipda Moch Januar turut menambahkan, para pelaku tawuran seperti kaget dan panik melihat kemunculan tiba-tiba Tim 3P Polda Metro Jaya di lokasi tawuran. Mereka bergegas kabur menyelamatkan diri dari kejaran petugas.

“Namun karena terlalu panik dan ketakutan, jadinya mereka kebingungan sendiri saat kabur. Dan akhirnya kita bisa tangkap 14 pelaku bersama barang bukti sajam celurit 6 bilah, sajam corbek 3 bilah dan 5 unit sepeda motor,” kata Ipda Gandi.

Mengutip dari hasil pemeriksaan pelaku di lokasi, identitas 14 orang yang diamankan itu ternyata masih ada yang bersekolah. Mereka adalah
Rvan Auliandi (20),  Paulinus Everanta Tarigan (23), Ilham Saputra (17), Muhammad Rifa Fadilah (17) yang juga siswa SMK 26 Rawamangun, Royhan (21), Dio Virgiawan (15) siswa SMPN 281 Jakarta Timur, serta Billy Ezer Sitepu (20).

Berikutnya lagi adalah Muhammad Fairus Zaky (16) yang tercatat sebagai siswa sekolah paket, Dzaki Ceta Ugama (17), Ujab Syakir (19), Muhammad Rayan Febrianto (19), Tirta Ahmad Fahrezi (22), Muhammad Aditya Fikri (18), dan terakhir Rengga Sukma (20).

Ke-14 pelaku tawuran ini selanjutnya diserahkan Tim 3P Polda Metro Jaya bersama seluruh barang bukti yang diamankan ke Polres Metro Jakarta Timur untuk proses hukum lebih lanjut. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru