Friday, July 19, 2024
BerandaPendidikanSistem PPDB Online di Kabupaten Lamandau Membawa Angin Segar bagi Kualitas Pendidikan

Sistem PPDB Online di Kabupaten Lamandau Membawa Angin Segar bagi Kualitas Pendidikan

progresifjaya.id, NANGA BULIK – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Abdul Kohar, S.Pd., melaporkan kemajuan signifikan dalam penerapan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayahnya.

Sistem ini telah berjalan dengan lancar, memungkinkan pemantauan yang lebih efektif terhadap proses penerimaan siswa.

“Sistem PPDB online untuk SMP di Kabupaten Lamandau sudah sepenuhnya diterapkan dan kami dapat memantau perkembangannya di setiap sekolah. Sampai saat ini, proses berjalan dengan baik, walaupun ada tiga sekolah yang belum melaporkan data mereka. Ini mungkin karena masalah administrasi, tetapi sekolah-sekolah lainnya sudah aktif menginput data,” kata Abdul Kohar, Jumat (28/6/2024).

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Abdul Kohar menyatakan bahwa proses penerimaan berjalan tanpa hambatan yang berarti.

“Masih ada tempat tersedia bagi siswa yang ingin mendaftar. Jika satu sekolah penuh, sekolah lain di sekitarnya masih dapat menerima siswa. Jadi, tidak ada masalah dalam penerimaan siswa di Kabupaten Lamandau,” tambahnya.

Ia juga memberikan sejumlah saran kepada orang tua dan guru.

“Saya menyarankan agar para orang tua memilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Fasilitas pendidikan kini sudah merata, dan anak-anak berprestasi tidak hanya berasal dari kota, tetapi juga dari desa-desa seperti Delang dan Bumiagung. Dengan memilih sekolah terdekat, pemantauan anak oleh orang tua juga lebih mudah,” jelasnya.

Abdul Kohar menegaskan pentingnya peran orang tua, guru, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak-anak.

“Sistem zonasi yang diterapkan mengutamakan sekolah terdekat tanpa diskriminasi. Kami berharap semua pihak dapat bekerjasama dalam mendidik anak-anak kita. Mereka adalah masa depan bangsa, dan perhatian bersama sangat diperlukan baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat,” ungkapnya.

Sistem PPDB online di Kabupaten Lamandau diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang lebih baik.

“Dengan sistem ini, kami berharap pendidikan di Kabupaten Lamandau dapat lebih merata dan berkualitas,” tutup Abdul Kohar.

Untuk diinformasikan, Kabupaten Lamandau terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui inovasi dan kolaborasi semua pihak untuk masa depan generasi muda yang lebih cerah. (Firman Muliadi)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru