Rabu, Februari 21, 2024
BerandaBerita UtamaSosialisasikan Pembiayaan Kesehatan JKN Mandiri, Wakil Wali Kota Jakpus Chaidir Pastikan Layanan...

Sosialisasikan Pembiayaan Kesehatan JKN Mandiri, Wakil Wali Kota Jakpus Chaidir Pastikan Layanan Kesehatan Tepat Sasaran

progresifjaya.id, JAKARTA – Universal dan Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

UHC mengandung dua elemen inti yakni, akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar advokasi dan sosialisasi pembiayaan kesehatan dalam Universal Health Coverage, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan, Tanah Abang I, Gambir, Senin (11/12).

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka menumbuhkan kesadaran para pemangku wilayah mengenai ketepatan sasaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS, berdasarkan hasil evaluasi dan segmen kepesertaan JKN yang mendapat Penerima Bantuan Iuran (PBI) Pemda DKI Jakarta.

“Saya harap nantinya pemangku wilayah seperti, UKPD, camat, lurah, puskesmas, dan RSUD harus memastikan layanan kesehatan tersebut tepat sasaran,” katanya.

Menurut Chaidir dengan sosialisasi ini, tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terkait dapat beralihnya pemilik JKN PBI yang dibiayai pemerintah ke JKN mandiri.

“Saya harap semua peserta nantinya dapat mensosialisasikan ini kepada masyarakat dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Penghargaan Bagi Tenaga Kesehatan

Pada kesempatan yang sama, Wawali juga memberikan penghargaan kepada 15 orang tenaga kesehatan teladan yang telah dilakukan seleksi sejak Agustus lalu.

“Kita beri penghargaan kepada beberapa tenaga kesehatan seperti, dokter gigi, apoteker, perawat, bidan, dan yang lainnya,” ujarnya.

Chaidir berharap dengan adanya sosialisasi dan pemberian penghargaan ini para tenaga kesehatan di wilayah Jakarta Pusat dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan menciptakan inovasi yang bermanfaat.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru