Thursday, June 13, 2024
BerandaEkonomi & BisnisStabilisasi Harga dan Pasokan Pangan, Pemkab Majalengka Adakan Gerakan Pangan Murah

Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan, Pemkab Majalengka Adakan Gerakan Pangan Murah

progresifjaya.id, MAJALENGKA – Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta sebagai upaya pengendalian laju inflasi menjelang peringatan hari besar keagamaan tepatnya Hari Raya Idul Adha 1.444 H, Pemkab Majalengka dan Tim Pengedali Inflasi Daerah (TPID) dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan selenggarakan Gerakan Pangan Murah.

Bupati Majalengka membuka secara langsung kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor DKP3, Senin (26/06/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati, Sekda, Deputi Kepala Bank Indonesia Cabang Cirebon, Staf Ahli, Asisten Daerah Kab. Majalengka, Ketua TP-PKK dan Dharmawanita Persatuan Kab.Majalengka, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) beserta jajarannya, para Kepala OPD, serta tamu undang lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., menyambut baik kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kab.Majalengka, hal tersebut guna menindaklanjuti Surat Edaran dari Badan Pangan Nasional dengan nomor; 652/TS.02.02/B/06/2023 perihal Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara Nasional.

“Gerakan Pangan Murah ini digelar dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga Pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1.444 H khususnya di Kab.Majalengka, hal lainnya juga sebagai langkah konkrit dan strategis yang dilakukan Pemkab Majalengka dalam mengendalikan Inflasi daerah di Kab.Majalengka,” ujar Bupati

Masih dikatakan Bupati, kegiatan ini pun menjadi sangat penting terutama bagi masyarakat yang membutuhkan bahan pokok dimana sering terjadinya fluktuatif harga menjelang hari raya keagamaan.

Untuk itu, dengan diselenggarakannya gerakan pangan murah tentunya dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap barang kebutuhan pokoknya.

Masyarakat dapat membeli produk-produk bahan pokok khas pertanian Majalengka dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

“Dalam kegiatan Gerakan Pasar Murah kali ini Pemkab Majalengka telah menyiapkan sejumlah paket kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat sejumlah 6.345 paket dengan rincian 5 Kg beras, 2 Kg Gula Pasir, 2 Kg tepung terigu, 2liter Minyak Goreng, dengan harga awal Rp 165.150 disubsidi oleh Pemerintah senilai Rp 79.650, sehingga masyarakat hanya membayar sejumlah Rp 85.500 saja, dengan subsidi ini tentunya diharapkan masyarakat akan merasa terbantu dan juga meringankan beban kehidupan mereka untuk mendapatkan kebutuhan pokoknya,” pungkasnya.

Dari pantauan kegiatan yang dilakukan selama satu hari, sejak pagi diserbu antusias masyarakat.

Berbagai kebutuhan pangan seperti telur, beras, gula, minyak, ikan, sayuran dan lain-lain tersedia dengan harga lebih murah dari pasaran.

Mimin, warga Jatipamor yang sejak pagi berada di lokasi menyambut baik kegiatan pasar murah.

Menurutnya kegiatan ini sangat membantu masyarakat, karena harga yang agak murah , dibawah harga pasar, sehingga mengurangi beban belanja yang besar.

“Kegiatan pasar murah ini sangat membantu kami masyarakat menengah, mudah-mudahan kegiatan seperti ini selalu diadakan setiap bulan, untuk membantu masyarakat dari kenaikan harga – harga bahan pokok,” ujarnya. (Bram)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru