Minggu, Februari 25, 2024
BerandaTNI/PolriStabilitas Indo Pasifik Harus Dijaga: Delegasi TNI AU Ikuti Pacific Air...

Stabilitas Indo Pasifik Harus Dijaga: Delegasi TNI AU Ikuti Pacific Air Chiefs Symposium 2023 di Hawaii

progresifjaya.id, HAWAII – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M.Tonny Harjono, S.E., M.M., mewakili Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA memimpin delegasi TNI AU menghadiri Pacific Air Chiefs Symposium 2023 (PACS 2023) yang berlangsung dari tanggal 13-16 November 2023 di Joint Base Pearl Harbor, Hickam Hawaii, Amerika Serikat.

PACS 2023 diselenggarakan oleh Pacific Air Force Command US dan diikuti oleh 23 negara peserta, bertujuan meningkatkan hubungan di antara Angkatan Udara di Kawasan Indo Pasifik.

Lebih dari sekadar pertemuan, kegiatan ini juga menekankan saling pengertian mengenai tantangan bersama, peningkatan kemampuan, kapasitas kemitraan, dan interoperabilitas. Semua ini dilakukan dalam upaya memastikan Kawasan Indo Pasifik tetap bebas dan terbuka.

Hari pertama pelaksanaan PACS, para pimpinan Angkatan Udara di Kawasan Indo Pasifik melaksanakan kunjungan ke Markas Komando PACAF, Pearl Harbor Aviation Museum dan USS Missouri.

Partisipasi TNI AU pada forum internasional ini, menjadi bagian penting dalam upaya bersama untuk menjaga stabilitas dan kerjasama di kawasan Indo Pasifik yang semakin dinamis.

Peran TNI AU di PACS 2023 mencerminkan komitmen untuk memperkuat hubungan positif dan membangun fondasi yang kokoh untuk kerjasama di masa depan serta stabilitas regional di Indo Pasifik.

Turut hadir mendampingi Pangkoopsudnas Asops Kas Koopsudnas, Marsma TNI Ian Fuady, dan FMS officer Letnan Kolonel Lek Ridwan. (Ndy/Dispenau)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru