Tuesday, April 23, 2024
BerandaKesehatanSudah 90 Persen Warga RW 04 Bangka Disuntik Vaksin

Sudah 90 Persen Warga RW 04 Bangka Disuntik Vaksin

progresifjaya.id, JAKARTA  –
Warga yang tinggal di pemukiman RW 04, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, sudah melakukan  suntikan vaksinasi COVID 19 mencapai angka sekitar 90 persen. Guna mengejar target seratus persen, warga dipancing dengan hadiah sembako untuk peserta vaksin dosis pertama.

Demikian dikatakan Ketua RW 04,  Syafe’i, pada kegiatan gebyar vaksinasi dinamis kolaborasi pemerintah  dengan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) dan Yayasan Permata MHT,
yang berlangsung di Sekolah MI, Yayasan Sa’adatul Muslimin, (Yasmin), Kemang Utara, RT 006, RW 04 Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (26/10).

Dalam kegiatan yang diapresiasi Walikota Jakarta Selatan, Munjirin, pihaknya menegaskan, capaian target persentase vaksinasi hingga
sekitar 90 persen selalu menggunakan strategi atau “pancingan” sehingga warga antusias  melakukan suntik vaksin Covid-19.

Menurutnya,  strategi “pancingan” yaitu  selalu menyediakan paket sembako untuk peserta vaksin dosis pertama. ” Strategi itu  menambah semangat warganya untuk datang dan melakukan suntik vaksin Covid-19, ” katanya.

Dirinya bersyukur, jika dihitung dengan kegiatan vaksinasi dengan jenis vaksin Sinovac
untuk dosis pertama dan kedua  serta jenis vaksin Pfizer dosis dua maka otomatis akan bertambah. ” Alhamdulillah, setiap kegiatan vaksinasi  warganya selalu antusias, ” syukurnya.

Meski demikian, dirinya tetap menghimbau dan mengajak warganya yang belum vaksin untuk melakukan suntik vaksin Covid-19. ” Sehingga diharapkan pandemi segera berakhir” harapnya.

Ditambahkan, kegiatan vaksinasi ini merupakan rangkaian giat vaksinasi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Segera Berakhir
Kegiatan Gebyar vaksinasi dinamis yang bertujuan untuk mencapai Herd Immunity (Kekebalan kelompok) sebagaimana dicanangkan pemerintah hingga 80 persen, untuk masyarakat Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan.

Lurah Bangka,  Firdaus Aulawy, bersyukur  hingga saat ini sudah mecapai angka 77 persen warganya  divaksin Covid-19. ” Mudah -mudahan akhir tahun ini bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan,” tuturnya

Diharapkan dengan  maraknya antusias warga  yang melakukan vaksinasi pandemic Covid-19 segera berakhir.

Menurutnya, tingginya capaian persentase vaksinasi
di wilayahnya selain tingkat kesadaran  warga yang meningkat juga adanya daya tarik panitia pelaksana dalam  giat “Gebyar Vaksinasi” dinamis yang berkolaborasi Pemerintah Kelurahan Puskesmas, Kecamatan dengan Yayasan Permata MHT, dan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

Daya tarik, jelasnya, merupakan strategi menarik minat warga selain panitia menyediakan hadiah berupa sembako juga memberikan tiga buah kursi roda dan sejumlah tongkat bagi manula yang membutuhkan. ”  Hadiah kursi roda dan tongkat dari Suku Dinas Sosial Walikota Jakarta Selatan, ” katanya.

Tiga Kali Untung
Sejumlah warga dan lansia selain bersyukur juga beruntung, sudah dapat suntik vaksin untuk kekebalan tubuh dapat sembako ditambah dapat kursi roda atau tongkat.

Seperti diungkapkan Sugeng ( 65 ) warga RT 09/04, menjadi peserta suntik vaksin dosis pertama mendapat untung tiga kali. ” Dapat suntik vaksin, sembako dan tongkat, ” katanya bersyukur.

Dirinya, tidak menyangka bakal dapat hadiah tiga kali untung dalam kegiatan gebyar vaksinasi dinamis tersebut. ” Saya mau vaksin karena disuruh anak dan teman yang sudah vaksin, ” katanya.

Jujur, lanjutnya, awalnya tidak berani jalani suntik vaksin karena takut terhadap dampak atau efek dari suntikan vaksin seperti banyak dikatakan orang – orang.

Tapi, tambahnya, karena dorongan anak dan pengalaman teman yang sudah suntik vaksin dua kali menjamin tidak terjadi apa apa atau efek negatif pasca mendapat suntik vaksin COVID 19.

” Ternyata benar, tidak terasa sakit dan tidak ada efek yang berlebihan sesudah disuntik, ” katanya.

“Sekarang, akunya, ingin cepat cepat jalani suntik vaksin dosis kedua agar kekebalan dalam tubuhnya  benar meningkat jauh dari tertular  COVID 19,” imbuhnya.
Penulis/Foto/Editor : M.Ma’ruf

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru