Rabu, Februari 21, 2024
BerandaBerita UtamaSudin KPKP Kepulauan Seribu Beri Pelatihan Urban Farming Kepala Pelajar SMPN 285...

Sudin KPKP Kepulauan Seribu Beri Pelatihan Urban Farming Kepala Pelajar SMPN 285 Jakarta

progresifjaya.id, JAKARTA – Pelajar SMPN (Sekolah Menengah Pertama ) 285 Jakarta, mendapatkan pelatihan urban farming, dari Sudin KPKP (Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di Halaman Docking Kapal Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Seksi Ketahanan Pangan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Parsan mengatakan, kegiatan ini salah satu program Sudin KPKP Kepulauan Seribu tentang akademik urban farming, yang diberikan kepada lapisan masyarakat, baik itu mahasiswa, penggiat pertanian, bahkan warga umum.

“Kami berikan materi awal urban farming tentang pemahaman dasar pertanian di perkotaan, yang bisa dilakukan dengan teknik hidroponik. Kalau punya lahan luas juga bisa dilakukan secara konvensional,” kata Parsan, Rabu (10/1/2024).

Parsan menambahkan, selain materi urban farming, puluhan pelajar juga diajak panen bersama sayur kangkung sebanyak 47 kilogram. Hasil panen tersebut dibawa pulang masing-masing pelajar, sisanya dibagikan untuk warga setempat dan petugas docking.

“Untuk memulai bercocok tanam tidak sulit, saya berharap dengan diberikan materi ini mereka dapat ilmu baru dan bisa menerapkan kegiatan ini di rumah masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar SMPN 285 Jakarta, Farhan Abizar (14) mengaku, dirinya senang bisa mendapatkan ilmu baru dan pengalaman memanen kangkung.

“Sangat senang bisa panen bersama, kami juga boleh membawa pulang sayuran kangkung. Nanti sayuran ini akan langsung diolah. Terima kasih kepada Sudin KPKP Kepulauan Seribu yang telah mengajak kami bercocok tanam,” pungkasnya.

Sumber: Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu. (Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru