Minggu, November 28, 2021
BerandaOlahragaSukses, Kompetisi Dog Sport ICADA di Von Phanuel Kennel Perebutkan Piala Kakor...

Sukses, Kompetisi Dog Sport ICADA di Von Phanuel Kennel Perebutkan Piala Kakor Sabhara Polri

progresifjaya.id, JAKARTA – Kompetisi Nasional Dog Sport yang diselenggarakan di Von Phanuel Kennel, Cisarua, Bogor, Sabtu (20/11) berlangsung sukses dan seru.

Sebanyak 105 peserta dari komunitas pemilik anjing ras besar, TNI dan Polri mempertunjukkan kebolehan satwa-satwa terlatih mereka di ajang kompetisi itu. Mereka datang dari berbagai daerah diantaranya Jakarta, Badung, Surabaya, Bali, Medan dan Tangerang.

Acara kompetesi perdana yang diselenggarakan Indonesian Canine Dogsport Association (ICADA) memperebutkan  Piala Kepala Korps (Kakor) Sabhara Baharkam Polri ini, dibuka oleh Kombes Pol M Manik.

Dalam sambutannya, Kombes Manik yang mewakili Kakor Shabara Baharkam Polri menyambut baik diselenggarakannya acara ini.

Dengan demikian, katanya, dapat berkontribusi dalam pembangunan Indonesia  tangguh dan tumbuh. Juga menciptakan sumber daya manusia maju untuk Indonesia.

“Kennel itu sendiri, dapat digunakan bagi tugas-tugas negara maupun kepentingan hiburan masyarakat, serta penyaluran hobi,” ujarnya.

Manik berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan menjadi contoh yang baik untuk organisasi-organisasi lain sejenis  di seluruh Indonesia.

Sementara panita penyelenggara sekaligus pemilik Von Phanuel Kennel, Kurniawan Tan menyatakan bahwa pihaknya mendukung TNI dan Polri dalam upaya meningkatkan kinerjanya di bidang pemberdayaan satwa-satwa untuk dilatih.

“Kiranya kegiatan ini kita bisa dilakukan kembali. Inti dari kegiatan ini, guna bersama-sama membangkitkan semangat khususnya bagi Tim K9 TNI dan Polri untuk lebih bisa diandalkan dalam tugas-tugas pelacakan, ungkapnya.

Kurniawan Tan yang juga menjabat Ketua Umum German Sheperd Lovers Indonesia (GSLI) dan Indonesia German Sheperd Club (IGSC) Provinsi Banten itu mengingatkan kepada komunitas-komunitas pecinta atau pemilik anjing ras besar.

“Kita memiliki anjing itu bukan sekedar ditaruh di kandang saja dan hanya jadi hiasan saja. Tetapi lebih dari itu.  Kita manfaatkan kepintaran dan kepiawaian satwa tersebut, dan kemungkinan kita bisa karyakan untuk membantu kegiatan kegiatan TNI-Polri saat dibutuhkan dalam situasi darurat,” terangnya.

Sementara kompetisi yang dipertandingkan yakni kelas Obedience A & B, Protection A & B, Professional Protection dan juga Springpole.

Sebagai juara dalam sistem galatama itu diantarana, Juara 1 Profesional B dan juara 2 Profesinal dari Tim K9 POM Angkatan Udara (AU) serta Juara 3 Profesonal dari Polda Jabar.

Penulis/Editor: Isa Gautama

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru