Friday, July 19, 2024
BerandaOlahragaSwiss Melenggang Mulus, Italia Menangis

Swiss Melenggang Mulus, Italia Menangis

progresifjaya.id, BERLIN – Timnas Swiss melenggang mulus ke babak perempat final Euro 2024 usai menyingkirkan Italia dalam 16 besar di Berlin, Sabtu (29/6/2024) malam.

Swiss membekuk sang juara bertahan dengan skor 2-0. Italia pun menangisi kekalahan tersebut dan harus angkat koper sejak babak 16 besar

Pertandingan di Olympiastadion Berlin kali ini berlangsung tidak sesuai ekspektasi. Italia bermain buruk, Swiss tampil impresif dan memang layak meraih kemenangan.

Timnas Swiss yang mengenakan seragam merah-merah mencoba mengambil alih serangan di awal babak pertama.

Swiss yang diasuh Murat Yakin terus menekan pertahanan Italia. Sementara itu Italia hingga menit 10 terus tertekan dan belum bisa melakukan serangan.

Italia mulai bisa melepaskan diri dari tekanan pemain-pemain Swiss mulai menit ke-15. Italia melakukan tekanan dari sisi sebelah kanan dengan mengandalkan Federico Chiesa.

Hingga menit 20 babak pertama, belum ada peluang berbahaya baik dari Swiss maupun Italia.

Swiss mendapat peluang pada menit 24 lewat strikernya Breel Embolo yang bisa meloloskan diri dari perangkap offside. Namun sepakan Embolo bisa diselamatkan secara brilian oleh kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Timnas Italia membalas pada menit 26, namun tusukan Chiesa yang diakhiri dengan tendangan menyusur tanah bisa diblok Manuel Akanji.

Timnas Italia yang merupakan juara bertahan Piala Eropa bermain tanpa kreatifitas di pertandingan ini. Lini tengah yang ditempati Nicolo Barella, Nicolo Fagioli, dan Bryan Christante tidak bisa memberikan bola sama sekali ke lini depan.

Gawang Italia akhirnya jebol juga pada menit ke37 setelah ditekan terus menerus oleh Swiss.

Gelandang Swiss, Remo Freuler yang masuk dari lini kedua usai menerima umpan Ruben Vargas, menendang bola tanpa bisa dihalau Donnarumma.

Swiss kembali mendapat peluang emas pada menit 46 namun tendangan bebas Rieder bisa ditepis dengan baik oleh Donnarumma.

Timnas Swiss yang dijuluki La Nati sangat menguasai pertandingan di babak pertama. Sementara itu penampilan Italia tidak mencerminkan sebagai juara bertahan bahkan bisa dibilang memalukan.

Tidak ada sama sekali peluang atau pun tendangan ke arah gawang Swiss dari pemain Italia selama 45 menit babak pertama.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti harus mengevaluasi penampilan anak asuhnya jika ingin menyamakan kedudukan di babak kedua.

Italia benar-benar bermain buruk di pertandingan ini. Swiss bahkan langsung mencetak gol keduanya belum satu menit babak kedua berlangsung lewat tendangan melengkung Vargas dari dalam kotak penalti.

Italia mencoba menekan pertahanan Swiss untuk mengejar gol. Spalletti juga memasukkan sejumlah pemain menyerang untuk menambah daya gedor.

Bek Swiss, Fabian Schaer nyaris melakukan gol bunuh diri pada menit 51 saat menghalau umpan dari Fagioli.

Azzurri mempunyai peluang pada menit 74 namun sundulan Scamacca masih membentur mistar gawang Swiss.

Swiss yang mengandalkan serangan balik setelah memimpin dua gol kembali mendapat peluang pada menit 82, namun tendangan Steven Zuber melenceng tipis dari gawang Italia.

Hingga pertandingan selesai, Swiss tetap memimpin 2-0 atas Italia sekaligus melenggang ke babak perempat final Euro 2024 untuk menantang pemenang antara Inggris atau Slovakia.

Susunan Pemain Swiss vs Italia:

Switzerland:
Sommer; Schär, Akanji, Rodriguez; Ndoye, Freuler, Xhaka, Aebischer; Vargas, Rieder; Embolo

Italy:
Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Darmian; Barella, Fagioli, Cristante; Chiesa, Scamacca, El Shaarawy

Ref: Marciniak (Pol)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru