Monday, April 22, 2024
BerandaBerita FotoTerkena Aturan Lama. Satpel Citata Cilandak Bongkar Bangunan Bermasalah

Terkena Aturan Lama. Satpel Citata Cilandak Bongkar Bangunan Bermasalah

progresifjaya.id. JAKARTA – Satua Pelaksana Cipta Karya Tata Ruang Pertanahan ( Satpel Citata ) bersama Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) Kecamatan Cilandak, melakukan bongkar paksa terhadap bangunan tiga lantai bermasalah ( langgar izin) di Jalan Kubur, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Kamis ( 13/10).

Kegiatan bongkar paksa yang dihadiri Camat Cilandak, Djahrudin, dilaksanakan aparat gabungan dari Satpel Citata, Satpol PP, TNI dan Polri, petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP), Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan ( Gulkarmat), Petugas Kesehatan serta anggota Forum Kewaspadana Dini Masyarakat ( FKDM), berjalan lancar tidak ada perlawanan dari pemilik bangunan.

Kasatpel Citata Cilandak, Bambang Sumedi, mengatakan, satu dari tiga bangunan yang ada tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) dan melanggar Jarak Bebas Bangunan ( JBB ) pada bagian belakang bangunan.

Pihaknya, menjelaskan, bagian bangunan yang dibongkar tersebut melanggar Izin Mendirikan Bangunan ( IMB) karena masih mengacu aturan gubernur yang lama.

Sedangkan, lanjutnya, kebijakan aturan dan ketentuan gubernur yang terbaru untuk luas tanah tertentu jarak bebas belakang tidak berlaku. ” Seperti bangunan ini, IMB dikeluar oleh PTSP masih mengacu aturan yang lama, ” katanya.

Ditambahkan, Bambang, untuk bangunan yang tidak memiliki IMB dapat diajukan/dimohonkan izinnya oleh pemilik. ” Berdasarkan keterangan dari PTSP, untuk tanpa izin bisa diajukan izinnya, ” katanya.

Namun demikian, lanjutnya, harus dilakukan pembongkaran atas pelanggaran bangun tidak memiliki izin sebagai sanksi dan tindakan sebelum dimohonkan perizinannya.

Camat Cilandak, Djahrudin, mengatakan, tindakan bongkar paksa sebagai efek jera pemilik bangunan dan masyarakat agar dalam melakukan kegiatan pembangunan memiliki izin dan sesuai izin.

Pihaknya, bersyukur, pemilik bangunan masih mendapatkan kesempatan dan bisa mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan sesuai ketentuan yang berlaku. ” Dibantu pemilik jika masih bisa diajukan izinnya, ” pintanya setelah mendapat penjelasan dari petugas PTSP Cilandak.

Camat menghimbau kepada masyarakat khususnya pelaku pembangunan di wilayah kerjanya, untuk mentaati dan mengikuti peraturan daerah ( Perdana) tenteng bangunan dan gedung di Jakarta. ” Jika tidak, siap siap terkena sanksi dan tindakan bongkar paksa, ” katanya.

Penulis : M. Ma’ruf. R

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru