progresifjaya.id, MAJALENGKA – Unit layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Majalengka di Jalan Raya KH. Abdul Halim, Majalengka terus menata diri dengan inovasi yang lebih baik. Baik menyangkut desain interior maupun perihal kualitas layanan ke masyarakat.
Saat ini, dalam bangunan utama sudah tersedia pojok baca dan arena bermain anak seluas 4 x 4 meter persegi. Fasilitas ini jadi garansi kenyamanan buat para wajib pajak yang tengah mengurus kelengkapan administrasi dan pembayaran pajak kendaraan. Mereka dipastikan nyaman tak lagi jenuh saat menunggu dalam antrean pelayanan.
Kemudian juga ada fasilitas taman. Area ini bisa dimanfaatkan wajib pajak untuk bersantai dulu sebelum mengurus kewajiban pembayaran pajak kendaraannya. Sementara wajib pajak perokok, area ini juga bisa menjadi simbol kebebasan mereka untuk menikmati garangan tembakau dalam lintingan rokok. Berjarak tak jauh dari taman juga ada fasilitas ruang khusus untuk ibu menyusui.
Menyoal lagi tentang kata nyaman dari makna cerita di atas, ternyata kata ini juga sudah menular ke soal kualitas pelayanan. Proses registrasi serta administrasi kendaraan dari pemohon wajib pajak terasa makin cepat dituntaskan. Tak ada kata bertele-tele. Berkas wajib pajak langsung on hand petugas Samsat. Tak ada lagi indikasi campur tangan pihak ketiga alias calo yang berpotensi melakukan praktik pungutan liar (pungli).
Kanit Samsat Kabupaten Majalengka, Ipda Suherman dalam pernyataan resminya di akhir masa pengabdiannya di Majalengka mengatakan, pihaknya memang selalu berupaya maksimal untuk menyajikan pelayanan prima ke masyarakat. Upaya tersebut menjadi prioritas dan bersifat mutlak.

Upaya ini, lanjutnya, juga jadi bagian dari aksi pihak Samsat Kabupaten Majalengka untuk memerangi ulah percaloan. Semua pemohon wajib pajak selalu diingatkan agar bergegas ke loket yang senada dengan urusan berkas yang dibawa.
“Wajib pajak langsung ke loket sesuai urusan masing-masing dan berkomunikasi dengan petugas kami yang kompeten. Tak ada lagi ruang buat pihak ketiga atau calo mencari untung. Pengawasan kami sangat intensif,” tegas Ipda Suherman mengingatkan, Jumat, (9/5).
“Saya juga selalu mengingatkan petugas di lapangan agar terus memantau kondisi di lapangan agar wajib pajak tak terjebak bujuk rayu pihak tak bertanggung jawab. Urus sendiri jauh lebih mudah dan cepat,” tambahnya.
Lebih lanjut dirinya juga menegaskan komitmen Samsat Kabupaten Majalengka untuk membumihanguskan percaloan dan pungli. Tak kan ada kata kompromi lagi buat kedua hal tersebut. Pelaku yang ketahuan dan terbukti melakukan itu juga bakal dikenakan sanksi.
“Tolong dicatat dan diingat baik-baik. Sekarang pengawasan kami sangat ketat. Tidak ada kompromi lagi buat calo dan pungli. Rules are rules. Must be obeyed,” tegasnya lagi.

Seorang wajib pajak bernama Saprol Beki saat dimintai komentarnya tentang Samsat Kabupaten Majalengka langsung menunjukkan dua jempol. Dikatakan proses pelayanan yang diberikan sekarang lebih terbuka dan lebih mengakomodir. Proses pengurusan berkas juga cepat tuntas dan tertib.
“Pengalaman saya di sini ngurus pajak kendaraan sekaligus ganti pelat nomor perpanjang 5 tahun sekali. Semua proses berjalan lancar dan taktis. Berkas saya juga lengkap. Mulai dari cek fisik kendaraan, cek kelengkapan dokumen, isi formulir, antre untuk dipanggil loket perpanjangan STNK, bayar pajak dan administrasi di loket pembayaran, antre di ruang penyerahan STNK, sampai terakhir ke tempat pencetakan pelat nomor kendaraan enak dijalani dan cepat. Saya sangat puas,” akunya gembira.
”Semoga pelayanan di kantor Samsat Kabupaten Majalengka terus seperti ini dan bisa makin baik lagi. Sukses dan sehat selalu juga buat Pak Kanit Samsat Kabupaten Majalengka, Ipda Suherman di akhir masa tugasnxa di Majalengka. Salut kami buat bapak semoga selalu sehat dan tambah sukses,” sambungnya mendoakan. (Bembo)