Monday, June 24, 2024
BerandaBerita UtamaTidak Ada Penundaan Pemilu

Tidak Ada Penundaan Pemilu

KPU: Penyelanggaraan Pemilu 2024 Sesuai Ketentuan Konstitusi.

progresifjaya.id, JAKARTA – Isu santer penundaan penyelenggaraan  Pemilu (Pemilihan Umum) tak membuat  KPU (Komisi Pemilihan Umum) lemah, KJPU selaku penyelenggara  tetap akan  menyelanggarakan Pemilu 2024 sesuai aturan ketentuan konstitusi dan perundang-undang yang berlaku.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan, isu penundaan pemilu bukan ranah penyelenggara pemilu, KPU berkomitmen menyelenggarakan Pemilu 2024 sesuai ketentuan konstitusi dan perundangan-undangan yang berlaku. “Jadi enggak ada lagi isu itu, dan KPU enggak masuk dalam ranah itu, KPU itu penyelenggara,” tuturnya,kepada wartawan, Selasa (22/3/2022).

Ketua KPU Pusat, Ilham Saputra. (Ist)

Ilham menuturkan, KPU akan bekerja untuk menyukseskan Pemilu 2024.dan jadwal pemilu pun sudah ditetapkan melalui surat Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022 yang menyatakan hari pemungutan suara jatuh pada 14 Februari 2024.

Keputusan tersebut diambil KPU berdasarkan hasil rapat antara DPR, pemerintah, dan lembaga penyelenggara pemilu. Dengan demikian, semua pihak telah bersepakat untuk menggelar pemilu pada 2024, mendatang.

Lebih lanjut dituturkannya, KPU telah mengirimkan surat kepada DPR agar mengagendakan pembahasan Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Jadwal, dan Program Pemilu. Dan sebelum menerbitkan peraturan, KPU harus melakukan konsultasi kepada DPR dan pemerintah.

Peraturan KPU itu dinilai penting karena sebagai acuan KPU untuk melanjutkan tahapan-tahapan pemilu, dan Peraturan itu juga menjadi dasar pengajuan usulan anggaran pemilu. “Hari ini kami juga sudah tanda tangan suratnya kepada pemerintah, DPR untuk melanjutkan pembahasan bersama KPU agar nanti diserahkan dan menjadi dasar perhitungan anggaran,” tutur, Ilham.

Penulis/Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru