Tuesday, July 23, 2024
BerandaHukum & KriminalTim 3P Polda Metro Patroli Dialogis ke Remaja Mabuk dan Remaja Nongkrong...

Tim 3P Polda Metro Patroli Dialogis ke Remaja Mabuk dan Remaja Nongkrong Hendak Tawuran di Jaksel dan Jaktim

progresifjaya.id, JAKARTA – Tim Patroli Perintis Presisi (3P) Polda Metro Jaya tak melakukan tindakan tegas dalam perjalanan patrolinya menyisir Ibu Kota pada Sabtu, (1/6) dini hari. Pun begitu, tercatat ada 2 kali Tim 3P melakukan aksi humanis patroli dialogis untuk membubarkan kerumunan remaja yang disinyalir sudah berencana  tawuran.

Pergerakan patroli Tim 3P Polda Metro Jaya yang dipimpin Ipda Muhammad Amrullah Khummaini dan Ipda Desvento Nainggolan
dimulai dengan show off force di sekitaran Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat sekitar pukul 01.03 WIB. Setelah itu, Tim 3P beranjak masuk berpatroli ke wilayah Jakarta Selatan.

Saat melintasi Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sekitar pukul 01.32 WIB, Tim 3P melihat pemandangan dua pemuda dengan gerak gerik mencurigakan dan agak oleng. Tim kemudian mendekat dan memeriksa keduanya. Ternyata mereka sedang mabuk karena mengonsumsi minuman keras. Tak ada indikasi mengarah ke pidana saat diperiksa.

Akhirnya dengan tutur kata lembut namun tegas, kedua pemuda yang sedang agak oleng ini diminta membuang minuman kerasnya dan langsung pulang ke rumah. Tak ada bantahan dari mereka. Semua imbauan Tim 3P diikuti dan mereka langsung balik kanan pulang ke rumah masing-masing.

Dari Jakarta Selatan, patroli kota dan monitoring Tim 3P Polda Metro Jaya lantas bergerak di wilayah Jakarta Timur. Saat menyusuri kawasan Penggilingan, Cakung, sekitar pukul 02.39 WIB, sekelompok remaja terlihat jelas sedang nongkrong di jalanan dan pergerakannya terindikasi ingin tawuran.

Tim 3P pun bergegas menghampiri dan memeriksa mereka. Ternyata tak ditemukan senjata tajam atau barang berbahaya lainnya. Namun di handphone salah satu remaja ketahuan ada percakapan terkait tawuran dan gengster saat diperiksa.

Singkat kata, karena tak ditemukan adanya bukti mengarah ke pelanggaran pidana, Tim 3P mengambil langkah pendekatan dialogis dan humanis ke mereka. Semua remaja ini diingatkan keras untuk menghindari tawuran jika tak ingin berurusan dengan hukum. Setelah semua nasihat diberikan, mereka kemudian diminta bubar dan lekas pulang ke rumah masing-masing.

Sekitar pukul 05.11 WIB, patroli Tim 3P Polda Metro Jaya tak sengaja berpapasan dengan para remaja yang diduga ikut melakukan aksi tawuran di Basura Cipinang Jakarta Timur. Tanpa perlu basa basi lagi semuanya langsung diperiksa dan digeledah. Beruntung tak ada barang bukti senjata tajam dan barang berbahaya lainnya yang ditemukan.

Selanjutnya, sama seperti yang ditempuh di Cakung, pendekatan dialogis kembali dilakukan Tim 3P kepada mereka. Diingatkan keras agar jangan pernah terlibat tawuran jika tak ingin ditangkap dan diburu polisi. Nanti mereka sendiri yang rugi dan menyesal di belakang hari. Setelah semua pesan disampaikan, para remaja ini langsung diperintahkan pulang ke rumah masing-masing. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru