Sabtu, April 13, 2024
BerandaPendidikanTingkatkan Kapabilitas Insan Penerangan, Dispenau Gelar Pelatihan Teknis Profesi

Tingkatkan Kapabilitas Insan Penerangan, Dispenau Gelar Pelatihan Teknis Profesi

progresifjaya.id, JAKARTA – Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) menyelenggarakan pelatihan teknis profesi penerangan yang berlangsung selama dua hari di gedung Roesmin Nurjadin Koopsud I, Jakarta, Senin (9/3/2023).

Pelatihan yang diikuti personel penerangam seluruh jajaran TNI AU ini, dibuka oleh Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos.

Kadispenau mengatakan, penyelenggaraan pelatihan bertujuan meningkatkan kapabilitas insan penerangan TNI AU, guna menjawab tuntutan tugas yang semakin tinggi. Menurut Kadispenau, tuntutan zaman yang serba cepat dan terbuka, mengubah tatanan dan paradigma ilmu komunikasi.

“Tuntutan tugas bidang penerangan semakin tinggi, maka kapabilitas kita juga harus ditingkatkan,” ujar Kadispenau.

Kadispenau berharap, seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang diterima selama pelatihan menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas penerangan di satuan.

“Saya berharap, pelatihan ini dapat mengisi, sekaligus menjawab harapan pimpinan dalam membekali para Kapen/Kapentak dalam membangun citra positif TNI AU di seluruh Indonesia,” harap Kadispenau.

Pelatihan diisi dengan sejumlah materi yang berkaitan dengan tugas-tugas bidang penerangan TNI AU. Materi pelatihan meliputi public speaking, master of ceremony dan repotase, pelatihan teknik penulisan berita, pengambilan/editing foto dan video, teknik pengambilan foto/video menggunakan drone, teknik pembuatan sambutan, dan pembuatan konten kreatif serta pengelolaan media sosial.

Penyelenggaraan pelatihan menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten, sesuai materi pelatihan yang diberikan.

Materi public speaking, MC dan reportase disampaikan oleh presenter televisi swasta nasional Frisca Clarisa, teknik penulisan berita oleh wartawan senior Novan Santoso, teknik dan editing foto oleh praktisi photografer Sandriani Permani, praktek dan editing video disampaikan oleh photografer televisi swasta nasional Indra Setiawan, pembuatan dan pengelolaan media sosial oleh praktisi media sosial Desi Adriana.

Selanjutnya teknik pengambilan gambar dengan drone disampaikan oleh praktisi drone Arya Dega, teknik penyiapan sambutan oleh Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Sonaji Wibowo, dan pengenalan foto/video oleh Adam, serta sosialisasi aplikasi single window oleh Ihsan Gilang. (Ndy/Dispenau)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru