Tuesday, July 23, 2024
BerandaBerita UtamaTingkatkan Skill dan Kompetensi: Pemkab Indramayu Sediakan Berbagai Pelatihan Untuk Para Pencari...

Tingkatkan Skill dan Kompetensi: Pemkab Indramayu Sediakan Berbagai Pelatihan Untuk Para Pencari Kerja

progresifjaya.id, INDRAMAYU – Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Indramayu melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) membuka pelatihan berbasis kompetensi, hal tersebut bertujuan demi menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, kompeten dan sesuai dengan pasar kerja.

Sukirman selaku Kepala UPTD BLK Disnaker Kabupaten Indramayu menjelaskan bahwa Masyarakat yang ingin ikut pelatihan dapat mendaftar secara online melalui https://skillhub.kemnaker.go.id/.

“Setelah pendaftaran, akan dilakukan tes tertulis secara online  tanggal 19 Februari, kemudian dilanjutkan dengan wawancara pada 21 Februari,” katanya.

Ia menambahkan, Peserta pelatihan kerja ini nantinya mendapat fasilitas berupa alat tulis, modul pelatihan, makan siang, baju praktek, kaos olahraga, sepatu praktek, sertifikat pelatihan, sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),dan juga uang saku.

“Pelatihan ini dibuka mulai tanggal 12 Februari 2024, dan ditutup pada 18 Februari 2024. Ada 7 jenis pelatihan kerja yang dibuka, diantaranya adalah Plate Welder Smaw 3G-UP PF, Operator Forklift, Service Sepeda Motor Sistem Injeksi, Desainer Grafis Media, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Teknisi AC Residential, dan Commercial Make Up Artist.” Ungkapnya.

Terpisah, Bupati Nina Agustina, melalui Plt Kepala Disnaker, Nonon Citra Wulandari, menyampaikan bahwa setelah pelatihan, alumni BLK Disnaker ini juga dibantu dalam mencari pekerjaan.

“Kita berusaha membantu, disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang bekerjasama dengan kita. Namun, jika Alumni mendapat informasi lowongan kerja di luar, juga tidak apa-apa,” katanya, Kamis (15/02/2024).

Ia berharap, dengan adanya pelatihan yang meningkatkan keterampilan para pencari kerja ini dapat menjawab tantangan dan kebutuhan pasar kerja bisa dipenuhi oleh alumni BLK Disnaker Indramayu.

“Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Masyarakat Indramayu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilannya,” harapnya.

Penulis: Eka Mardiana/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru