Sabtu, April 13, 2024
BerandaInternasionalWajah Lionel Messi Dipertimbangkan Jadi Mata Uang

Wajah Lionel Messi Dipertimbangkan Jadi Mata Uang

progresifjaya.id, JAKARTA – Wajah Lionel Messi dikabarkan masuk daftar pertimbangan untuk dijadikan ikon Peso, mata uang Argentina. Hal itu diketahui setelah La Pulga berhasil membawa La Albiceleste menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar pada 18 Desember 2022 lalu.

Tercatat, keberhasilan Timnas Argentina tidak lepas dari peran luar biasa sosok Messi. Eks pemain Barcelona itu telah mengantongi 7 gol dan tiga assist dari tujuh pertandingan di gelaran turnamen sepakbola terbesar itu.

Dikabarkan oleh Sport Bible dari media lokal Argentina El Financiero mengumumkan bahwa, Pejabat Pengaturan Keuangan Argentina tengah mempertimbangkan menaruh wajah Lionel Messi di uang kertas pecahan 1.000 Peso.

Hal tersebut sebagai bentuk dari perayaan kemenangan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

“Argentina sedang mempertimbangkan untuk menempatkan Lionel Messi pada uang kertas mereka. Pejabat badan pengatur keuangan mereka ingin menandai kemenangan bersejarah Piala Dunia negara mereka,” tulis laporan Sport Bible, Kamis (22/12/2022).

Dalam kabar yang dilaporkan Sport Bible, terdapat desain mata uang yang ingin dikeluarkan sebagai bentuk penghormatan kepada pemain kelahiran Rosario itu.

Di sisi depan, tampak wajah Lionel Messi serta peta geografis Argentina dan lambang matahari yang biasa ditemui di bendera negara Argentina.

Sementara, di sisi kanan mata uang kertas terdapat tanda tangan dan nama Lionel Messi.

Di bawah nama Messi tertulis ‘Kapten Tim Nasional Argentina’ dengan menggunakan Bahasa Spanyol yang merupakan bahasa resmi Argentina.

Adapun di sisi belakang, terdapat gambar skuad Timnas Argentina tengah merayakan kemenangan mereka setelah mengalahkan Prancis di pertandingan final Piala Dunia 2022. Di tengah-tengah terlihat Lionel Messi sedang mengangkat trofi.

Sebagai informasi, Direktur Bank Sentral Argentina, Eduardo Hacker dan Lisandro Cleri dikabarkan tidak keberatan dengan desain uang kertas baru itu.

Eduardo Hacker berharap desain tersebut dapat menyatukan dan membangkitkan semangat rakyat Argentina.

Diketahui, kemenangan ini tentu sangat spesial bagi Argentina, mengingat mereka terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada 36 tahun lalu, tepatnya pada 1986.

Sebelumnya, Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Timnas Prancis dengan skor 4-2 di partai final Piala Dunia yang berlangsung di Lusail Stadium pada Mingu, 18 Desember 2022.

Pertandingan final antara Argentina vs Prancis berlangsung sengit dan alot, karena usai bermain imbang di babak kedua hingga tambahan waktu hingga dua kali, akhirnya diakhiri lewat drama adu penalti dan dimenangkan oleh timnas Argentina. (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru