Rabu, Februari 21, 2024
BerandaPendidikanWali Kota Jakbar Lantik 2.000 Peserta Didik Menjadi Relawan PMR PMI Jakbar

Wali Kota Jakbar Lantik 2.000 Peserta Didik Menjadi Relawan PMR PMI Jakbar

progresifjaya.id, JAKARTA – Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Uus Kuswanto melantik dan mengukuhkan anggota relawan PMR PMI Jakarta Barat dan penyerahan piala kepada pemenang lomba melalui apel di lapangan upacara Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan, Jakarta Barat,  Senin (22/1/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Adm Jakarta Barat, Uus Kuswanto menyampaikan, bahwa fungsi dan tugas pokok Palang Merah Indonesia adalah sebagai organisasi kemanusiaan yang memberikan bantuan dan pertolongan kepada korban bencana dan juga sebagai penyelenggara donor darah, juga PMI memberikan pembinaan dan pelatihan kepada relawan-relawan PMR PMI sebagai ujung tombak apabila terjadi bencana.

Salah satu pembinaan yang diberikan PMI Jakbar melalui para pelatih untuk PMR yang ada di sekolah baik SD tingkat PMR Pemula, SMP/MTs tingkat PMR Madya, dan SMA/SMK/MA tingkat PMR Wira adalah bagaimana memberikan pertolongan pertama apabila ada korban bencana, pelatih memberikan latihan bagaimana penanggulangan bencana dan memberikan perawatan terhadap korban yang mengalami bencana.

“Anak-anak kita sebagai relawan yang tangguh untuk masa depan, pelatih memberikan pelatihan bagaimana cara menanggulangi bencana dan bagaimana memberikan pertolongan pertama kepada korban bencana,” kata Uus Kuswanto.

Untuk itu, Wali Kota mengajak seluruh instansi dan warga untuk ikut bersama-sama menyukseskan kegiatan PMR dan penggalangan bulan dana PMI yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia khususnya Jakarta Barat guna membantu apabila ada bencana.

Peserta didik sebagai relawan PMR di sekolah yang berjumlah 2.000 orang yang terdiri dari SD, AMP, MTs, SMA, SMK, MA adalah relawan tangguh masa depan yang merupakan aset Palang Merah Indonesia Jakarta Barat yang nantinya diberdayakan sebagai relawan dalam memberikan bantuan tanpa mengharapkan balasan dan imbalan.

Untuk itu, Wali Kota mengimbau kepada seluruh relawan PMR untuk tetap semangat dalam mengikuti setiap kegiatan atau pelatihan yang ada di sekolah, adik-adik semuanya manfaatkan dan ambil ilmu yang diberikan oleh para pelatih.

Sehingga, adik-adik akan terus bertambah ilmunya, bertambah pengalamannya bagaimana untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada bencana atau korban akibat bencana, dan menjadi bekal sebagai relawan masa depan, namun tetap mengutamakan semangat belajar baik di sekolah maupun di rumah.

Sebab, dengan semangat belajar dan menjadi relawan PMR di sekolah yang tangguh hingga ke jenjang pendidikan lebih tinggi tetap menjadi relawan PMI hingga menuju kesuksesan dimasa yang akan datang.

“Selamat kepada PMR PMI Jakarta Barat yang baru dilantik dan dikukuhkan dengan tenaga adik-adik sebagai relawan masa depan dengan penuh kepedulian antar sesama,” kata Uus.

Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada PMI Jakarta Barat yang bekerjasama dengan baik bersama Suku Dinas Pendidikan wilayah 1 dan Suku Dinas pendidikan wilayah 2 Jakbar dalam menyelenggarakan kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) PMI di lingkungan sekolah.

“Tingkatkan kerjasama yang baik yang selalu berkolaborasi dengan warga dan sekolah yang ada di Jakarta Barat, maka dari itu, kegiatan PMR ini menjadi salah satu upaya bagaimana PMI untuk terus memperluas jaringan dan memperkuat relawan yang ada di Jakarta Barat,” kata Uus.

Sehingga, kata dia, yang akhirnya nanti kekuatan PMI Jakarta Barat benar-benar berada di seluruh lini tingkatan baik sekolah SD, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA yang merupakan potensi yang harus dibina dan harus dijaga sehingga PMI Jakarta Barat tetap sukses dalam setiap mengikuti setiap kegiatan.

“Menjadi anggota relawan PMR PMI Jakarta Barat sebagai kebanggaan Jakarta Barat, saya menyampaikan selamat menjadi relawan yang yang berguna bagi keluarga, lingkungan, bangsa, dan negara. Selamat buat anak-anak kami sebagai relawan PMR PMI Jakarta Barat,” kata Uus mengakhiri sambutannya.

Saat lomba PMR PMI Jakbar di halaman upacara kantor Wali Kota Jakbar, Sabtu (20/1/2024), Ketua PMI Jakbar, Beky Mardani mengatakan, peserta PMR PMI Jakbar terdiri dari SD tingkat PMR PMI Pemula, SMP sederajat tingkat Madya, dan SMA sederajat PMR tingkat Wira.

Kegiatan lomba terdiri dari Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Siaga Bencana, Video Edukasi PMR, Membuat Tandu, Donor Darah, dan lainnya.

Sementara itu, lomba video edukasi PMR diikuti sekitar 15 tim yang terdiri atas dua hingga enam siswa jenjang SMP dan SMA sederajat.

Jurnalis/Editor: Benz

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru