Rabu, Februari 21, 2024
BerandaMegapolitanWali Kota Jaktim Salurkan 5 Ribu Paket Sembako Murah di Lima Titik

Wali Kota Jaktim Salurkan 5 Ribu Paket Sembako Murah di Lima Titik

progresifjaya.id, JAKARTA – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyalurkan sembako murah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kayu Mas, Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (29/1/2024). Total ada 5.000 paket sembako yang disalurkan di lima titik yakni Kelurahan Pulogadung, Kelurahan Makasar, Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Ciracas, dan Kelurahan Pondok Rangon.

Kegiatan sembako murah merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan pihak swasta melalui Corporate Social Responbility (CSR) dalam hal ini, PT. Suri Nusantara Jaya. Paket sembako berisikan beras 5 liter, tepung 1 kilogram, gula 1 kilogram, dan minyak goreng 2 liter seharga Rp100 ribu, sementara harga normalnya senilai Rp140 ribu.

Walikota menjelaskan, penyaluran sembako murah diharapkan meringankan beban masyarakat dalam sisi perekonomian.

“Tentu ini sangat membantu sekali, dan saya harapkan di forum ini bagi pengusaha lain silahkan untuk memberikan hal yang sama seperti PT. Suri Nusantara Jaya. Tentunya Pemerintah tidak bisa membangun, bekerja sendiri tanpa bantuan pengusaha atau CSR (Corporate Social Responbility),” katanya.

Ia juga menyebutkan, program sembako murah bertujuan untuk pemenuhan ketahanan pangan bagi masyarakat, dimana salah satunya sebagai upaya pencegahan stunting dan memastikan persediaan pangan bagi masyarakat. Nantinya, program sembako murah juga akan menyasar ke kelurahan lain di Jakarta Timur guna pemerataan kebutuhan sembako masyarakat.

“Ke depan, insyaallah kita akan lakukan terus di semua kelurahan yang ada di Jakarta Timur, ada 65 Kelurahan. Bagaimana kita bisa menyejahterakan warga, sambil kita memastikan kebutuhannya tercukupi, terpenuhi dengan baik, tentunya kaitannya pemenuhan gizi buruk, jangan sampai ada yang gizi buruk hingga sampai stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, menyampaikan sebanyak 1.000 paket sembako murah yang disalurkan merupakan yang pertama kali melalui CSR, dalam hal ini PT. Suri Nusantara Jaya.

“Ini yang pertama dilakukan secara murni oleh CSR, jadi bagi saya adalah apresiasi yang sebesar-besarnya Pak Walikota Jakarta Timur memberikan inspirasi, dan ini akan dilakukan terus menerus,” tuturnya.

Di sisi lain, Operational Manager PT. Suri Nusantara Jaya, Tony Adrian, menyampaikan pendistribusian sembako murah tersebut akan berlanjut ke wilayah lainnya di Jakarta Timur, di antaranya Kelurahan Makasar, Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Ciracas, dan Kelurahan Pondok Rangon. Setiap Kelurahan mendapat distribusi 1.000 paket sembako.

“Nantinya kita akan di 5 titik, masing-masing ada 1.000 paket sembako,” jelasnya.

Warga menyambut baik program ini, salah satunya Suhartini, warga RT 012 RW 03 Kelurahan Pulogadung. Ia mengatakan cukup senang dengan adanya sembako murah, dan mengaku dengan adanya sembako murah sangat membantunya dalam memenuhi kebutuhan pangan. Ia mengetahui adanya sembako murah melalui RT/RW setempat, kemudian mendapatkan kupon dari pihak Kelurahan Pulogadung.

“Saya tahu dari RT, katanya dapat kupon terus tebus murah, 100 ribu,” ucapnya. (Roby/Diskomintik)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru