Saturday, May 25, 2024
BerandaOlahragaKeputusannya Buat Indonesia Merana, Wasit Nasrullo Kabirov Dirujak Netizen

Keputusannya Buat Indonesia Merana, Wasit Nasrullo Kabirov Dirujak Netizen

progresifjaya.id, JAKARTA– Nasrullo Kabirov jadi sorotan usai Timnas Indonesia U-23 kalah dari Qatar pada laga pertama Piala Asia U-23 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Senin 15 April 2024, Indonesia kalah 0-2.

Wasit Nasrullo Kabirov jadi sasaran kekesalan netizen Indonesia usai pertandingan. Dia dinilai tidak adil dan banyak melakukan keputusan kontroversial.

Salah satu keputusan wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov yang dipertanyakan adalah saat memberi hadiah penalti kepada Qatar setelah menganggap Rizky Ridho melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Padahal, sebelumnya dia malah memutuskan pelanggaran dilakukan pemain Qatar kepada Ridho, Setelah melihat VAR, dia merubah keputusannya 180 derajat.

Wasit Nasrullo Kabirov sangat mudah meniup peluit manakala pemain Qatar U-23 terjatuh. Situasi tersebut benar-benar membuat Timnas Indonesia U-23 frustrasi di sisa pertandingan.

Di babak kedua, keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov berlanjut. Pada perebutan bola di menit 46, Ivar Jenner justru yang mendapatkan kartu merah.

Padahal, dalam tayangan ulang tidak ada kontak fisik yang signifikan. Namun wasit, menilai terjadi pelanggaran keras dan membuat Ivar Jenner dihadiahi kartu kuning kedua.

Berikutnya adalah pelanggaran terhadap Witan Sulaiman. Penyerang sayap ini berhasil menembus menuju ke kotak penalti. Namun dijatuhkan pemain Qatar dan Kabirov tidak memberikan kartu merah. Padahal sebelumnya dia sudah menarik kartu tersebut dalam kartunya.

Pada akhir babak kedua, Kabirov juga memberikan kartu merah kepada Ramadhan Sananta sehingga membuat Indonesia bermain dengan 9 pemain.

Tak butuh waktu lama bagi netizen Indonesia untuk mendapatkan instagram wasit Tajikistan itu. Mereka pun meramaikan kolom komentar sang wasit dengan cacian, makian hingga kata-kata kotor.

Hingga berita ini diturunkan sudah 200 ribu lebih komentar ditinggalkan netizen Indonesia.

Kabirov sudah menjadi wasit FIFA sejak 2013 dan memimpin kompetisi AFC sejak 2017.

Wasit kelahiran 5 Mei 1985 silam itu pernah memimpin pertandingan di Kualifikasi Piala Asia, Piala Asia U-17 2023, dan AFC Cup.

Kabirov juga menjabat sebagai ofisial keempat di Liga Champions AFC.

Dia juga rutin memimpin pertandingan di Liga Tajikistan, Kabirov pun pernah menjadi wasit pertandingan Asian Games Jakarta-Palembang 2018 dan SEA Games ke-31 di Vietnam pada 2021.

Selain itu Kabirov pernah membuat kontroversi di Liga Tajikistan dengan memberi tambahan waktu 13 menit saat laga antara Istaravshan melawan FK Khujandn pada 2015.

Tambahan waktu itu menjadi rekor nasional dan menuai kecaman, terutama dari pendukung Istaravshan.

Akan tetapi, Nasrullo juga pernah menguntungkan Indonesia ketika Kualifikasi Piala Asia 2023. Ketegasannya dipuji netizen Indonesia saat mengalahkan tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1.

Nasrullo Kabirov memberi hadiah penalti untuk Indonesia pada menit ke-44 usai Rachmat Irianto dijatuhkan di kotak penalti. (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru