Minggu, Februari 25, 2024
BerandaNasionalSosok Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Doel Anak Sekolah Jadi Google Doodle

Sosok Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Doel Anak Sekolah Jadi Google Doodle

progresifjaya.id, JAKARTA – Dunia perfilman rindu dengan sosok Aminah Cendrakasih. Legenda itu menjadi sosok Google Doodle hari ini untuk mengenang ulang tahunnya yang ke-86 tahun.

Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya. Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada hari ini pada tahun 1938.

Profil
Ayah Aminah Cendrakasih, Husin Nagib adalah seorang komedian dan ibunya Wolly Sutinah atau kerapa disapa Mak Wok adalah seorang aktris.

Di masa remajanya, dia mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan. Pada tahun 1955, dia membuat penampilan debutnya di Oh, Ibuku (Oh, Ibuku).

Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya sendiri di Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri (Ibu dan Putri).

Penampilan karismatiknya dalam Serampang 12, sebuah film tari populer yang berpusat pada kisah cinta dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelahnya.

Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan (Taman Harapan) dan Si Doel Anak Sekolahan (Doel Anak Sekolah). Dia muncul di hampir 120 film sepanjang lima dekade karirnya.

Penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Google Doodle merayakan ulang tahun Aminah Cendrakasih, aktris ikonik Indonesia yang terkenal karena perannya sebagai Lela dalam serial televisi Si Doel Anak Sekolahan. Dia dipanggil sebagai Mak Nyak yang merupakan sosok ibu bersahaja.

Film dan acara Aminah Cendrakasih terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia.

Meninggal Dunia

Aminah Cendrakasih tutup usia pada Rabu 21 Desember 2022. Ia dikenal sebagai Mak Nyak dalam sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan. Penyebab meninggalnya Aminah Cendrakasih karena penyakit glukoma yang sudah beberapa tahun ia derita.

Sosoknya dalam Si Doel Anak Sekolahan begitu menyentuh dan menjadi inspirasi. Di sisa penghujung hayatnya, Aminah Cendrakasih masih berdedikasi dalam film tersebut. Meski sedang sakit, sosok Aminah begitu hebat dan profesional. (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru